RSS

Bagasing Permainan Tradisional Kalteng

03 Agu


Semakin berkembangnya teknologi,semakin berkembanglah permainan di masa modern ini.Kian maraknya game online,playstation,Nintendo dan semacamnya membuat kita lupa akan budaya kita sendiri.Tapi kali ini aku mau nulis artikel tentang permainan tradisional khas suku dayak,yakni bagasing.Tak seperti gasing gasing zaman sekarang loh,seperti beyblade dan semacamnya.tapi yang ini lebih tradisional.Langsung baca aja ya.

Suku dayak merupakan suku penghuni bumi tambun bungai. Dari jaman dulu hingga jaman sekarang permainan tradisonal secara turun temurun dimainkan. Nah permainan yang tidak asing lagi di telinga para masyarakat uluh itah adalah Bagasing (bayang kuan uluh ngaju). Walaupun jaman kian modern tapi permainan ini tetap masih populer dikalangan anak – anak pedalaman suku dayak ngaju.

Berawal dari kisah seorang teman saya yang bekerja di di desa terpencil yaitu di daerah nanga bulik. Permainan ini bak menjadi primadona, Anak – anak seakan tidak pernah bosan untuk mengadu gasing mereka dengan yang lainnya. Permainan Tradisional Kalteng Bagasing merupakan permainan yang sudah ada sejak dulu kala, dulu menurut cerita nenek saya pun main bagasing tidak hanya anak – anak, orang tua pun ikut bermain bagasing. Malah kalau memang seru kata nenek saya ada yang sampai pecah gasingnya. Nah, gasing ini sendiri terbuat dari kayu yang kuat yang diukir sedemikian rupa yang diujungnya lancip dan diberikan kepala untuk melilitkan tali yang digunakan untuk pemutar dari gasing tersebut.

Sayang memang perjalanan Permainan Tradisional Kalteng Bagasing sudah tidak bisa kita jumpai lagi di kota besar macam Palangka Raya, semua sudah tergantikan oleh Tamiya, Game Online, game console. Pemandangan tentang Permainan Tradisional Kalteng Bagasing hanya dapat kita jumpai saat ada Festival Isen Mulang saja. Yang dipertontonkan untuk masyarakat banyak.

Sumber :Palangka Raya Forum

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 3, 2010 in Corat Coret, Galeri Foto

 

2 responses to “Bagasing Permainan Tradisional Kalteng

  1. ahsanfile

    Agustus 4, 2010 at 6:36 pm

    Wah itu salah satu mainanku saat kecil.
    ditempatku namanya panggal..

     
    • Tama Rpl

      Agustus 6, 2010 at 10:23 am

      owh,,,,thanks ya sdh berkunjung😀

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: