RSS

Di Jogjakarta

19 Agu

Hai,,,salam satu jiwa buat sobat sekalian dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankanya.Udah beberapa bulan gw ga posting posting artikel.

Entah itu karena gw malas,otak blank,ga ada uang ke warnet atau semacamnya lah,,haha,,tapi beberapa bulan gw ga posting yang jelas gw sibuk ngurus kuliah,mesti tes ini itulah,siapin ini lah,siapin itulah tapi,akhirnya gw di terima juga di salah 1 sekolah tinggi terkemuka.Daripada gw kebanyakan basa basi(SEBENARNYA CUMAN PENGEN BASA BASI,SOALNYA LAMA SEKALI GA POSTING SESUATU),daripada gw bingung ma posting apa lebih baik gw sharing pengalaman gw.

YOGYAKARTA (sering juga disebut Jogja, Yogya, atau Jogya) terletak di tengah Pulau Jawa – Indonesia,tempat segalanya masih murah(banyak tarif pelajar) dan kota tempat gw menempuh pendidikan sekarang.Pantas sekali Jogja mendapat julukan kota pelajar,hampir para mahasiwa dari seluruh pelosok Indonesia berkumpul di sini.Tetangga kost gw dari NTB,Jawa Timur,Kalimantan,teman bimbel gw asalnya dari Padang,Riau bahkan Makassar.Walau berasal dari daerah berbeda,kami saling menghargai budaya masing masing.

Ngomong Yogyakarta kurang pas kalau gw ga cerita sejarah singkatnya(ngutip dikit nih dari mbah google).Seribu tahun silam, Yogyakarta merupakan pusat kerajaan Mataram Kuno yang makmur dan memiliki peradaban tinggi.Namun oleh suatu sebab, Kerajaan Mataram Kuno memindahkan pusat pemerintahannya ke Jawa Timur pada abad ke-10.Peninggalan kerajaan ini antara lain adalah Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, dan puluhan candi lainnya yang sudah direstorasi maupun yang masih terpendam di bawah tanah.

Enam ratus tahun kemudian, Panembahan Senopati mendirikan Kerajaan Mataram Islam di wilayah ini.Kerajaan Mataram Islam ini meninggalkan jejak berupa reruntuhan benteng dan makam kerajaan di Kotagede.

Pada tahun 1755 terjadi Perjanjian Giyanti yang isinya membagi Kerajaan Mataram Islam menjadi Kasunan Surakarta yang berpusat di Kota Solo
dan Kesultanan Yogyakarta yang mendirikan istananya di Kota Jogja.Nah,Kraton (istana) tersebut masih berdiri hingga kini dan masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan keluarganya,lengkap dengan ratusan abdi dalem yang secara sukarela menjalankan tradisi di tengah perubahan jaman.

Di ujung utara Yogyakarta, ada Gunung Merapi yang semua pada tahu kan,berdiri dengan gagah setinggi 9738 kaki.Gunung ini adalah salah satu dari gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Jejak ganasnya letusan Gunung Merapi lalu bisa disaksikan di Desa Kaliadem, 30 km dari Kota Jogja.

Jangan bilang sudah ke Jogja kalau belum ke Malioboro.Malioboro merupakan surga cinderamata bagi anda yang suka pernak pernik.Harga cindera mata di sini murah murah ko,sesuai dengan harga mahasiswa,pokonya terjangkau deh.Di Malioboro gw banyak berjumpa dengan para turis asing,entah itu dari Eropa,Cina,Jepang,Austalia ataupun Amerika.Di Malioboro juga banyak delman,,,hati hati saja kalau dekat dengan kudanya.Awas kena sepak,,haha.Cukup dengan berjalan kaki dari Malioboro,gw sampai di sebuah benteng peninggalan zaman Belanda.
Namanya Benteng Vredenburg.Kini benteng tersebut menjadi sebuah museum.Untuk keterangan lebih lanjut,nanti deh gw posting lagi kalau ada kesempatan.

Pokonya banyak banget pengalaman gw di Jogja.Banyak tempat di Jogja yang patut di kunjungi,cocok banget buat nongkrong rame-rame.Misalnya Alun-alun kidul(lain kali gw posting deh).Tahun ini juga merupakan Ramadhan yang berkesan,pertama kalinya gw jalanin puasa jauh dari kampung halaman.Kedinginan tiap subuh buat cari makan sahur jadi hal yang biasa,,haha,,namanya juga di dataran tinggi,yang penting tetap SEMANGAT BRO.

Nah,gw udahan dulu postingnya. CAPE mikir sama CAPE ngetik.Lain kali gw bakal posting lagi.
See You….TETAP SEMANGAT BRO.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 19, 2011 in Corat Coret, Galeri Foto, Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: