RSS

Robot-Robot Upacara Bendera 17 Agustus

19 Agu

upacara para robot

Wah,gw belum kasih ucapan nih.SELAMAT ULANG TAHUN KE66  INDONESIAKU.JAYA LAH SELALU.MERDEKA.2 hari telah berlalu tapi suasana sensasi 17-an masih terasa.Dari bendera yang masih tertancap di rumah-rumah,khotbah Jum’at yang mengambil tema 17-an Agustus dan masih banyak lagi.Berhubung gw udah kuliah,ga bisa lagi deh ngerasain sensasi upacara 17-an seperti masa masa sekolah dulu.Tapi gw bersyukur masih hidup samapai sekarang.Setidaknya gw merasakan suasana 17-an.Kalau manusia bisa upacara,ternyata para robot juga bisa lo.Tentunya hasil karya yang sangat membanggakan.KEREN bro.Daripada gw basa basi,cek saja beritanya langsung.

TEMPO Interaktif, Jakarta – Lagu Indonesia Raya berkumandang saat bendera merah-putih dikerek naik ke ujung tiang setinggi 3 meter. Peserta upacara yang menempati lapangan seluas 25 meter persegi menekukkan lengan membentuk gerakan hormat bendera.

Namun jangan kaget. Prosesi upacara yang berlangsung di lantai 2 pusat perbelanjaan Thamrin City itu pesertanya adalah robot. Ya robot. Pemimpin upacara dipercayakan pada robot NAO. Robot Bioloid sebagai inspektur upacara, 17 robot origami, serta 8 robot drum band. Secara keseluruhan, terdapat 45 robot yang mengikuti kegiatan ini.

“Kami ingin memperingati Hari Kemerdekaan ini dengan cara berbeda, menggunakan robot. Ini yang pertama di dunia,” ujar Direktur World Robotic Explorer Jully Tjindrawan kepada wartawan di Thamrin City, Rabu, 17 Agustus 2011.

Menurut dia, ide upacara bendera oleh robot ini muncul 2 bulan yang lalu. Awalnya tak ada yang percaya ide ini bisa terlaksana. Namun karena kesungguhan, pengerjaan konsep upacara dan persiapan teknis yang rumit bisa dimatangkan dalam waktu satu pekan.

Uniknya, seluruh peserta upacara merupakan buatan luar negeri, seperti Korea, Prancis, Taiwan, Denmark, dan Jepang. Namun otak robot kental dengan semangat Indonesia karena seluruh intelegensia buatan yang dibenamkan adalah hasil pemikiran teknisi dalam negeri. “Robot boleh saja buatan negara lain, tapi semangatnya Indonesia,” kata Jully.

Uus Supriatna adalah satu dari tujuh operator yang mempersiapkan konsep ini. Hingga semalam, ia bersama teman-temannya masih ragu akan kinerja robot-robot ini.

“Kami memutuskan terus maju karena harus berani mencoba,” ungkap Uus.

Mengkoordinasikan puluhan robot dengan aneka sistem memang sulit. Masing-masing robot memiliki perangkat berbeda sehingga harus mendapat perlakuan khusus. Demikian pula ketika harus menyusun robot sebagai sebuah orkestra harmonis secara bersamaan, harus ada tenaga yang seragam untuk menggerakkan program. Selama seminggu percobaan, teknisi sering menemui kegagalan karena ada saja robot yang membandel.

Namun dengan latihan rutin, semua kendala ini bisa dikurangi. Hingga akhirnya, selama 20 menit mulai pukul 10.00 WIB, robot-robot ini bergerak dengan khidmat mengikuti upacara bendera memperingati 66 tahun kemerdekaan Indonesia.

Berikut suasana upacaranya

Suasana 1

Upacara robot

Suasana Upacara Robot

Sumber : Kaskus.us

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 19, 2011 in Galeri Foto, Info Teknologi

 

4 responses to “Robot-Robot Upacara Bendera 17 Agustus

  1. Mochammad

    Agustus 19, 2011 at 8:36 am

    Mantap. Ini baru top markotop. Merdekaaa!!!!
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

     
    • Tama Rpl

      Agustus 19, 2011 at 8:47 am

      Iyaaaaaaaaa,,,,,,MERDEKA,,,makasih mas udah berkunjung…TETAP SEMANGAT

       
  2. Mario FL

    Agustus 20, 2011 at 5:02 am

    nice picture bro…

     
    • Tama Rpl

      Agustus 20, 2011 at 5:18 am

      Thanks for attention…:-D

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: